Kiat-kiat ini Membantu Kita Keluar dari Pandemi Covid-19, Apa Saja?

Ngadirojo – Sejumlah daerah masih terus menyumbang angka positif Covid-19 meskipun sudah berganti tahun. Pemerintah melalui Satgas Penanganan COVID-19 sudah terus berupaya menekan laju penularan dengan berbagai kebijakan. Hal ini tentu dapat berjalan efektif jika semua komponen masyarakat bergerak bersama untuk menuntaskan pandemi ini.

Keluar dari krisis pandemi Covid-19 memang tidak mudah, tetapi masyarakat dapat melakukan kiat-kiat sebagai berikut:

  • Mematuhi 3 M, yaitu Mencuci Tangan dengan Sabun, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak. Pematuhan protokol kesehatan tersebut mampu meminimalisir penularan sehingga masyarakat yang sehat tetap sehat, tidak tertular, bisa beraktivitas, belajar, bekerja dan produktif.
  • Vaksinasi Covid-19. Adanya kekebalan kelompok¬† dengan cakupan Covid-19 yang tinggi, minimal 60%, mampu menghentikan penularan karena sebagian besar masyarakat memiliki kekebalan tubuh yang baik.
  • Melaksanakan 3 T, yaitu Tracing, Testing, dan Treatment. Tiga hal ini dapat mencegah kasus Covid-19 tidak bertambah karena yang terinfeksi dapat diketahui melalui tes, yang kontak dengan mereka yang terinfeksi ditelusuri dan dilakukan karantina, yang sakit bergejala mendapatkan perawatan dan pengobatan agar sehat kembali

Kita perlu menjaga kesehatan tubuh dan mental kita di tengah pandemi dengan meningkatkan Iman, Aman, dan Imun, yaitu meningkatkan iman dengan beribadah dan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, menjaga aman dengan patuh protokol kesehatan, dan meningkatkan imun dengan istirahat cukup, mengonsumsi makanan gizi seimbang, menghindari stress dan berolahrga cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − five =

No Related Post